Kamis, 10 Maret 2011

Bentuk Kepedulian PMI

Banjir di Jember dan Brebes, Ratusan Rumah Warga Terendam 3/8/2011

Posko Markas PMI Kabupaten Jember melaporkan, banjir bandang melanda Dusun Cempaka, di  Desa Pakis pada Jumat malam (4/3/2011), sekitar pukul 23.00 WIB. Puluhan relawan PMI Kabupaten Jember, dikerahkan ke lokasi banjir dan membantu evakuasi warga yang rumahnya tergenang banjir.
“Banjir bandang yangmelanda Dusun Cempaka, disertai dengan lumpur, batang kayu dan batu-batu besar. Agak bahaya juga untuk warga di sana. Delapan relawan kami kerahkan ke lokasi membantu evakuasi warga ke lokasi aman. PMI Kabupaten Jember juga mengerahkan satu unit ambulans dan satu unit mobil operasional,” tutur Yunus Samsuri, Kepala Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI Kabupaten Jember.
Respon darurat PMI terhadap banjir bandang di Jember, dilakukan hingga Senin sore kemarin (7/3/2011). Ada 10 relawan PMI Kabupaten Jember yang terlibat dalam kerja bakti bersama warga, membersihkan sisa banjir lumpur, batang-batang kayu, dan kotoran di jalan-jalan raya, pada Sabtu pagi (5/3/2011) saat banjir sudah surut. Pada Minggu (6/3/2011), sebanyak 15 relawan PMI kembali melakukan aksi kerja bakti di Dusun Cempaka.
“Senin pagi hingga sore kemarin, ada 20 relawan PMI Kabupaten Jember yang membantu membersihkan sisa banjir lumpur di jalan dan rumah warga. Lumpurnya hingga setebal 30 cm. Selain itu, kami juga melakukan penyemprotan disenfektan (anti bakteri) di rumah-rumah warga, menjaga agar banjir bandang kemarin tidak meninggalkan penyakt,” ujar Yunus, dari Markas PMI Kabupaten Jember, Selasa siang (8/3/2011).
Beralih ke Jawa Tengah, Posko Markas PMI Kabupaten Brebes melaporkan banjir juga melanda wilayah Brebes. Setelah hujan yang turun terus menerus Senin kemarin (7/3/2011) dan jebolnya tanggul sungai Cisanggarung,  ratusan rumah di lima desa tergenang banjir.
“Ketinggian air mencapai 1 sampai 2 meter. Banjir melanda lima desa di Kecamatan Losari, yaitu Desa Bojongsari, Karangsembung, Jatisawit, Kalibantu, dan Babakan. Sekitar 700 rumah warga terendam banjir. PMI kerahkan belasan relawan ke lokasi banjir untuk evakuasi warga. Kami juga mendirikan tenda pengungsian dan membuka layanan Dapur Umum,” ucap Masruri, personil bidang Penanggulangan bBncana Markas PMI Kabupaten Brebes.
Ia menambahkan, banjir di Brebes juga merendam jalur kereta api lintas utara. Selain itu, banjir juga merusak ribuan hektar sawah dan tambak milik warga.*
(Foto Ilustrasi dari DetikCom) 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Yunus Samsuri, Kepala Bidang Pelayanan Sosial Markas PMI Kabupaten Jember, Hp. 0811350839, Masruri, Personil Bidang Penanggulangan bencana Markas PMI Kabupaten Jember, Hp. 085724166618. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar